Dyahni Mastutisari

Lulusan FKIP UNS Solo Jurusan Pendidikan Matematika. Sekarang bertugas di MTs Swasta di Kabupaten Banyumas...

Selengkapnya
Berkah di Bulan Ramadan (Bertemu Dengan Darkim dan Ani)

Berkah di Bulan Ramadan (Bertemu Dengan Darkim dan Ani)

Bulan Ramadan adalah bulan mulia. Semua umat Islam di dunia berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya dari Allah SWT. Berbagai macam ibadah dilaksanakan demi menggapai kemenangan di bulan ini yaitu menjadi orang yang mutaqqin. Sangat disayangkan jika bulan ini berlalu begitu saja. Karena ada rahmat, ampunan dan pembebasan dari api neraka saat berpuasa satu bulan lamanya.

Tidak hanya itu, banyak keistimewaan yang dimiliki bulan Ramadan diantaranya yaitu bulan penuh berkah, bulan turunnya Al-Qur’an, terdapat malam Lailatul Qadar yang lebih baik dari seribu bulan, amalan sunah diganjar sama dengan amalan fardhu dan amalan fardhu diberi pahala tujuh puluh kali lipat, rezeki akan dilipatgandakan, demikian juga dengan pahala sedekah.

Hari pertama bulan Ramadan alhamdullilah saya sudah merasakan keberkahannya. Seperti biasa pagi setelah sholat shubuh aktifitasku adalah di dapur dan di sumur. Mencuci semua perkakas dapur bekas makan sahur dilanjutkan mencuci pakaian. Tidak lupa memasak sayur untuk lauk si kecil yang baru berusia 2,5 tahun. Aktifitas berikutnya adalah momong karena “si mba” minta libur katanya ada acara tadharus Al-Qur’an. Kebetulan saya sedang libur awal puasa sehingga kuiyakan saja permintaannya.

Hari pun beranjak siang, hp berbunyi ada wa dari Pak Edi Prasetyo sang penulis populer sekaligus Kepala Sekolah SMA N 1 Sokaraja Kabupaten Banyumas. Berikut percakapan kami di wa.

Pak Edi : “Bu Dyahni, ini bukunya mau diambil kapan?”

Saya : “Maaf Pak. Malah dadhos kesupen, selama puasa Bapak di sekolah ngantos jam pinten njih?”

Pak Edi : “Sampai pukul 15.00. Ini saya sedang di sekolah.”

Saya : “Mboten libur pak?”

Pak Edi : “Seharusnya libur awal puasa, tapi ini ada revisi RAB BOP yang harus selesai hari ini. Mau sekarang saja?

Mendapat tawaran seperti itu saya pun segera konsultasi dengan suami. Suami menginyakan dan bersedia mengantar saya ke SMA N 1 Sokaraja. Tentunya dengan membawa si kecil. Sejuknya udara siang kami nikmati di dalam mobil. Jarak Patikraja-Sokaraja kami tempuh hanya sekitar 30 menit.

Sesampainya di lokasi saya tidak bisa langsung bertemu dengan pak Edi. Menurut informasi dari salah satu guru yang saya temui di halaman sekolah, beliau sedang ta’ziah. Sembari menunggu beliau, sayapun berkeliling dengan si kecil. Melihat lingkungan sekolah yang sudah merupakan sekolah adiwiyata, ada rasa takjub di dalam hati melihat sekolah yang luasnya mencapai 3, 8 hektar ini. Reportase tentang SMA N 1 Sokaraja akan saya jadikan tulisan berikutnya saja. Kalau semua ditulis disini akan terlalu panjang.

Singkat cerita akhirnya saya dapat bertemu langsung dan bertatap muka dengan Pak Edi Prasetyo. Gurusianer yang selama ini hanya saya ketahui lewat tulisannya yang luar biasa di Gurusiana. Dan ternyata tidak beda jauh dengan yang ada dalam foto profilnya. Sosok yang kebapakan, santun, ramah dan dermawan (punteh njih Pak Edi). Bagaimana tidak dermawan, cuma gara-gara saya menulis artikel di Gurusiana berjudul “ Belajar dari Pak Edi Prasetyo dan Pak Slamet Yuliono”, saya dapat hadiah buku dari beliau. Saya kira hanya akan mendapatkan satu buku karya beliau. Ternyata diluar dugaan, saya mendapatkan empat buah buku sekaligus. Dua buku karya beliau yaitu Darkim Jadi Guru dan Ani Gadis Pemberani. Kemudian satu buku antologi berjudul Antologi Guru Ngapak yang merupakan kumpulan cerita berbahasa Jawa dialek Banyumasan. Dan satu buku lagi karya teman beliau berjudul Bahasa Pikiran Dan Tindakan.

Itulah keberkahan yang saya terima dihari pertama bulan Ramadan. Mendapatkan empat buah buku secara gratis langsung dari penulisnya. Terima kasih untuk Pak Edi Prasetyo, hanya ucapan itu yang bisa saya haturkan. Semoga Bapak dan keluarga selalu sehat dan senantiasa dalam naunganNya. Semoga dapat menjalankan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya. Amin

Bulan pembelajaran, 18 Mei 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Alhamdulillah..., keberkahan di bulan Ramadhan. Saya bisa merasakan kebahagiaan bunda dari Medan. Andai saya juga begitu....., wow. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

19 May
Balas

Njih bunda...Pak kepala baik sekali berkenan memberi 4 buah buku. Berkah ramadhan dan efek dari silaturahmi. Barakallah bunda

19 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali