Dyahni Mastutisari

Lulusan FKIP UNS Solo Jurusan Pendidikan Matematika. Sekarang bertugas di MTs Swasta di Kabupaten Banyumas...

Selengkapnya

Hambatan Menulis

Menjaga komitmen untuk bisa menulis setiap hari ternyata tidaklah mudah. Perlu tekad dari dalam diri untuk bisa melakukannya. Pun ketika sudah punya tekad tapi masih ada hal-hal yang kemudian menghambat seseorang untuk menulis. Hambatan menulis menurut saya bisa dibedakan menjadi dua. Hambatan internal dan hambatan eksternal.

Hambatan internal adalah hambatan yang berasal dari diri penulis sendiri. Yang paling sering adalah tidak adanya ide menulis. Hal ini dialami sebagian besar penulis pemula termasuk saya. Ada banyak cara untuk menemukan ide menulis. Bapak Ahmad Syaihu sang penulis populer sudah banyak menuliskan tipsnya.

Sementara kalau saya lebih suka berdiam diri mengistirahatkan pikiran ketika ide menulis belum ketemu. Atau membaca buku tentang apa saja termasuk membaca artikel di Gurusiana. Biasanya setelah membaca tulisan orang lain, "adrenalin" menulis lama kelamaan akan muncul. Yang kemudian menimbulkan rasa ingin menulis. Dan seketika itu banysk ide bermunculan di kepala.

Sedangkan hambatan eksternal adalah hambatan yang berasal dari luar penulis. Banyaknya pekerjaan yang harus di selesaikan dengan segera. Menghambat seseorang untuk menuliskan ide yang sudah ada di pikiran. Terkadang malah bisa membuat ide yang sudah ada terbang entah kemana. Perlu manajemen waktu yang baik agar semua bisa berjalan tanpa harus mengorbankan salah satunya.

Hal itu yang sulit saya lakukan. Bukannya saya sok sibuk. Tapi minggu ini memang banyak dead line pekerjaan yang harus diselesaikan. Mau tidak mau saya harus menahan tangan ini untuk tidak menulis dulu. Menyelesaikan rekap nilai PTS/UTS. Walaupun hati ini ingin sekali menulis. Wah benar -benar membuat hati meradang.

Patikraja, 7 September 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mantaps papatan ttg hambatan menulis, benar bu itu juga sy rasakan, tp sy kebanyakan malasnya, hehehe, salam literasi. Barakallah

07 Oct
Balas

Terima kasih ibu. Barakallah juga untuk bunda

07 Oct

Hari ini pun rasanya blank....karena banyak hambatan....

07 Oct
Balas

He..he.

07 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali