Dyahni Mastutisari

Lulusan FKIP UNS Solo Jurusan Pendidikan Matematika. Sekarang bertugas di MTs Swasta di Kabupaten Banyumas...

Selengkapnya

"Ikan Teri" Bunda Raihana Rasyid

Ikan teri merupakan salah satu jenis boga bahari yang umum ditemukan di kawasan pinggir pantai samudera Atlantik, Hindia, dan Pasifik, serta dikategorikan sebagai ikan berminyak. Ikan ini berasal dari famili Engraulidae, yang terdiri dari ikan dengan ukuran antara 2 cm hingga 40 cm tergantung spesiesnya. Pemrosesan ikan teri yang paling umum adalah digarami di larutan garam lalu dikemas dalam minyak atau garam. Proses ini menjadikan warna kulit ikan yang hijau kebiruan menjadi abu-abu. Ada banyak jenis dari ikan teri, seperti ikan teri nasi, ikan teri medan, ikan teri jengki, dan ikan teri tawar. Di setiap tempat di indonesia harga ikan teri per kg berbeda-beda, ini dikarenakan ongkos pengiriman dan ketersedian ikan teri di setiap daerah. Ikan teri medan termasuk yang harganya mahal, ini dikarenakan rasanya yang enak dan beda dari jenis ikan teri lainnya.

Dua minggu yang lalu, bu dhe Jum tetangga yang baru saja pulang dari Medan memberikan bingkisan satu bungkus besar ikan teri medan. Kemarin ikan teri tersebut saya masak dengan bumbu oseng-oseng. Ikan yang sebelumnya saya rendam dengan air panas kemudian ditambah dengan irisan bawang merah dan bawang putih serta lombok ijo ditambah sedikit garam dan gula merah, memberikan rasa yang benar-benar “mak nyus”. Apalagi dipadukan dengan nasi anget. Nikmatnya luar biasa, lidah rasanya tidak ingin berhenti menguyah. Sebagai ibu yang tidak terlalu jago memasak. Bisa memasak dengan rasa yang enak dan gurih dengan bumbu yang sangat sederhana. Membuatku tersenyum sendiri. Ini mah asal ikan terinya saja yang sudah enak he he.

Menikmati enak dan gurihnya oseng-oseng ikan teri medan mengingatkanku pada bunda Raihana Rasyid. Gurusianer populer dari Medan ini selalu memposting tulisan 2-3 artikel setiap harinya. Dengan tulisannya yang gurih dan renyah yang menjadi ciri khas beliau. Tulisan yang selalu ditunggu semua gurusianer. Tulisan apa saja di tangan beliau bisa diolah menjadi tulisan yang benar-benar enak untuk dinikmati. Ibarat masak ikan teri dengan bumbu yang sederhana bisa menghasilkan rasa yang “mak nyus”. Demikian juga dengan bunda Raihana Rasyid yang selalu bisa mengolah bahan tulisan apapun bentuknya menjadi tulisan yang gurih dan renyah. Apa resepnya? Seperti yang pernah disampaikan Ibu Siti Ropiah bahwa beliau menulis dengan menggunakan hati. Apapun yang dibuat dengan hati akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Patikraja, 4 Oktober 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Aduuuhhh..., jadi gak enak ni perasaan...hehehe. Pada minta kiriman ikan teri Medan, opo piye...tho...? Salam sehat dan sukses selalu, bunda. Barakallah.

04 Oct
Balas

He he dijual on line saja bunda, pasti banyak yang pesan. Salam sehat dan sukses selalu juga buat bunda

04 Oct

Mantaps bu, memang rasa kuliner yg satu ini selalu menggugah selera makan. Kirain dapat kiriman dari medan, sy sdh ngiri aja nih. Barakallah bu. Gimana tukeran bukunya bu, tolong kirim alamat dan nomor hp ibu

04 Oct
Balas

He he ngiri ya bun? MTs Muhammadiyah Patikraja Jl Raya Banyumas No 09 Patikraja Kab Banyumas Jateng 53171 Telp 085726053866. Jazakillah bunda

04 Oct

Boleh dong..ikan terinya....

04 Oct
Balas

Mau? he he

04 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali