Dyahni Mastutisari

Lulusan FKIP UNS Solo Jurusan Pendidikan Matematika. Sekarang bertugas di MTs Swasta di Kabupaten Banyumas...

Selengkapnya

Karma Guru Bahasa Indonesia

Setelah menjadi anggota Gurusiana, menulis adalah hal yang saya sukai. Walaupun belum bisa dikatakan sebagai hobi, tetapi bagi saya menulis sama asyiknya dengan berhitung. Bedanya menulis berkutat dengan huruf sementara berhitung tidak lepas dari yang namanya angka.

Dengan latar belakang saya sebagai guru matematika, merangkai kata adalah hal yang tidak mudah. Apalagi ketika harus meletakan tanda koma dan tanda petik, jujur saya masih bingung. Dengan semua kesulitan dan kebingungan yang saya alami sekarang, mengingatkan saya pada peristiwa 20 tahun yang lalu.

Waktu itu saya masih duduk di bangku SMA. Pelajaran bahasa Indonesia adalah pelajaran yang tidak saya sukai kala itu. Ketika pelajaran berlangsung saya lebih suka melakukan aktivitas yang lain seperti menggambar dan melamun. Penjelasan Pak Djiran tidak pernah saya dengarkan. Beberapa teman yang lain juga seperti itu. Mereka menganggap Pak Djiran membosankan.

Maka tidak mengherankan jika nilai ujian nasional saya hanya mendapatkan nilai 52 untuk mapel bahasa Indonesia. Jauh dibawah nilai matematika dan fisika. Ibu pun berkata:

"Makanya jangan sebel sama gurunya jadinya nilainya rendah kan?". Saya hanya tersenyum menanggapi komentar ibu.

Saya baru serius mempelajari bahasa indonesia ketika menjelang UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negri). Sehingga saya pun harus rela menghafal penggunaan tanda baca dan kaidah bahasa indonesia lainnya demi untuk lulus UMPTN. Dan akhirnya saya memang diterima di UNS Surakarta jurusan pendidikan matematika. Sesuai yang saya cita-citakan.

Jika mengingat itu semua saya sering tersenyum sendiri. Dengan aktivitas saya sekarang yang menyukai dunia tulis menulis. Agaknya saya telah mendapatkan karma dari guru bahasa Indonesia. Saya yang dulu tidak menyukainya sekarang justru sebaliknya. Benar kata orang tua "Janganlah kau membenci sesuatu bisa jadi suatu saat kau menyukainya". Dan sekarang saya kena deh he he.

Patikraja, 11 Oktober 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

He..he..sama bunda, bedanya aku tidak suka mata pelajaran geografi eh masuk jurusan geografi saat UMPTN di UNJ, menulis digurusiana juga tidak memiliki basic bahasa Indonesia "belajar saja sambil jalan"

11 Oct
Balas

Sama dong Pak belajar sambil jalan

11 Oct

Sayaaa...juga gitu. Malah waktu kuliah, ketika mata kuliah bahasa merupakan mata kuliah pilihan, saya gak milih bahasa Indonesia tetapi bahasa Inggris. Apa ini kena karma juga ya ? Hehehe. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

11 Oct
Balas

Ternyata bunda kena karma juga njih? Karma yang menguntungkan he he. Barakallah bunda

11 Oct

Benar itu bu, "bencilah sesuatu itu buasa saja, boleh jadi suatu saat menjadi yg kau cintai dan sebaliknya", hehehe. Barakallah

11 Oct
Balas

Benar bunda saya sudah kena he he. Barakallah juga untuk bunda

11 Oct

Dan sekarang luar biasa. Tulisan Ibu sungguh keren. Mau coba jadi guru Bahasa Indonesia?

11 Oct
Balas

He he terlanjur sudah suka matematika, Pak. Cukup mempelajarinya biar bisa menulis

11 Oct

Lanjut Bu. Jadi penulis tidak memandang profesi.

11 Oct

Bismillah terima kasih untuk semangatnya Pak

11 Oct

Oh..baru tahu kalau nilai UN BI nya dapat 52.....hi..hi...

11 Oct
Balas

Hi..hi kena karma by dhe

11 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali