Dyahni Mastutisari

Lulusan FKIP UNS Solo Jurusan Pendidikan Matematika. Sekarang bertugas di MTs Muhammadiyah Patikraja Kabupaten Banyumas...

Selengkapnya

Basi yang Berfungsi

Nasi aking atau sega king begitu orang di desa kami menyebutnya. Sebutan untuk nasi yang sudah basi kemudian dijemur di bawah terik matahari. Panas matahari yang menyengat menyebabkan nasi menjadi kering.

Itulah salah satu cara orang di desa kami untuk memanfaatkan nasi yang telah basi. Basi bukan berarti tidak berfungsi. Nasi aking jika sudah terkumpul banyak akan dicari oleh para peternak bebek. Bebek sangat menyukai nasi aking yang dicampur dengan air. Menjadi makanan yang bergizi untuk hewan penghasil telur asin tersebut.

Saya dan suami termasuk orang desa yang masih melakukan tradisi tersebut. Menjemur nasi sisa yang tidak termakan oleh kami. Kebiasaan suami yang tidak suka makan nasi hangat menyebabkan saya cukup memasak beras menggunakan rice cooker. Setelah matang, nasi ditempatkan di wadah nasi tanpa mengalami pemanasan terus menerus layaknya menggunakan magic com.

Seorang pakar gizi dari California State University, Los Angeles, Jansen Ongko, MSc. RD., mengatakan bahwa menghangatkan nasi dapat meningkatkan indeks glikemik (IG) – nya. Hal ini karena gugus atom nasi akan menjadi lebih sederhana akibat proses pemanasan sehingga indeks glikemik nasi tersebut meningkat. Lalu, dampak apakah yang ditimbulkan jika mengonsumsi nasi dengan indeks glikemik yang tinggi?

Menurut Jansen, nasi yang memiliki indeks glikemik yang tinggi tetap aman dikonsumsi selama tubuh dalam keadaan sehat, namun harus dihindari oleh penderita diabetes karena nasi dengan indeks glikemik yang tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Nasi hangat yang baru dikeluarkan dari magic com memang lebih menggiurkan daripada nasi yang telah dingin. Namun, pahamilah bahwa tidak semua makanan yang enak itu baik bagi kesehatan tubuh. Kebiasaan menghangatkan nasi di magic com terlalu lama hingga lebih dari 12 jam ternyata berbahaya bagi kesehatan tubuh. Terutama bagi penderita diabetes.

Sumber: RiceCooker.co.id

Kebiasaan yang ternyata baik untuk kesehatan. Meski kami harus rela setiap hari menata nasi basi dalam nampan. Selanjutnya kami jemur di bawah terik matahari. Jika sudah terkumpul banyak, tetangga sebelah rumah pasti langsung memintanya. Bebek peliharaannya lumayan banyak. Terkadang dia tetap meminta nasi aking simpanan kami meski baru beberapa kilogram. Katanya bebeknya lagi kehabisan makanan.

Harga 1 kg nasi aking tidak lebih dari Rp 700,00. Tapi kami tetap telaten melakukannya. Disamping memanfaatkan sesuatu yang sudah tidak berguna, kami juga merasa senang bisa membantu tetangga yang membutuhkan. Hal sederhana tapi bisa menambah jalinan silaturahmi antar tetangga. Wallahu a'lam bi shawab

Patikraja, 29 Maret 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Masih bisa di manfaatkan

29 Mar
Balas

Betul Bunda...Barakallah

29 Mar

Yah sama dong, kalau saya buat kasih makan ayam. Ini apa yang namanya ekonomi kreatif po ya?

29 Mar
Balas

Mungkin Pak Agus meski alasan utamanya adalah daripada mubadzir. Barakallh

29 Mar

Wah ulasan yang cerdas, memasak, memanfaat nasi tersisa, kajian ilmiah tentang nasi dan cara memasaknya, hubungan bertetangga, dan kaitannya dengan peternakan. Keren dan sangat menginspirasi. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

01 Apr
Balas

Terima kasih untuk apresiasinya...barakallah Pak Mulya

01 Apr

Sama-sama bunda, terus menginspirasi

02 Apr

Selalu ada manfaat yang dapat dipetik ketika pandai mengemasnya. Sukses selalu dan barakallah fiik

30 Mar
Balas

Betul Bunda Pipi...terima kasih untuk kunjungannya...barakallah

30 Mar

Waduh..diriku ora telaten Lik...

29 Mar
Balas

He...he..eman-eman Budhe

30 Mar

Saya bantu perhalus sedikit ya. "Salah satu cara orang di desa kami untuk memanfaatkan nasi yang telah basi." kalimat ini kurang sempurna, terkesan mengganthung. Dapat disempurnakan cukup dengan menambah kata "Itulah " di awal kalimat.

29 Mar
Balas

Siap diperbaiki...terima kasih selalu berkenan mengoreksi tulisan saya. Barakallah

29 Mar

Informatif n inspiratif Bunda. Betul sekali nasi tak boleh dipanaskan terlalu lama. Tapi gimana lah anak-anak kami sukanya nasi hangat. Di akali saja. Masak nasi di magiccom secukupnya agar tak terlalu lama semedi dsn hehe. Sukses selalu Bunda. Barakallah

30 Mar
Balas

Betul Miss Fera diakali saja.... masak secukupnya supaya tidak terlalu lama semedi dan juga tidak mubadzir ....barakallah

30 Mar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali