Dyahni Mastutisari

Lulusan FKIP UNS Solo Jurusan Pendidikan Matematika. Sekarang bertugas di MTs Muhammadiyah Patikraja Kabupaten Banyumas...

Selengkapnya

Pengin Nikah Lagi

Desaku gempar. Semua orang dibuat bingung oleh permintaan Surti. Perempuan berusia 37 tahun ini ingin menikah lagi. Padahal anaknya sudah dua. Suaminya, Parjo dikenal sebagai suami yang tidak neko-neko. Tapi kenapa Surti ingin menikah lagi? Permintaan aneh yang harus dituruti. Karena jika tidak, Surti mengancam tidak mau lagi melayani suaminya.

Parjo pun segera memenuhi keinginan istrinya. Dipanggilnya Pak Kyai dan dua orang saksi. Di depan mereka Parjo kembali mengucapkan qabul. Kalimat sakral yang pernah dia ucapkan di depan penghulu 20 tahun yang lalu. Ijab qabul yang mensyahkan hubungannya dengan Surti sebagai suami istri. Pernikahan mendadak karena waktu itu Surti telah berbadan dua. Meski mendadak pernikahan tersebut tertulis di KUA setempat. Pernikahan dua anak remaja yang terpaksa menghentikan sekolahnya hanya sampai kelas 3 SMP.

Sekarang setelah Wina anak pertamanya menginjak usia dewasa, tiba-tiba Surti meminta Parjo menikahinya lagi. Permintaan yang disampaikan Surti beberapa saat setelah dia pulang mengaji dari kampung seberang. Surti geger minta menikah lagi karena takut pernikahan yang lampau tidak syah.

Permintaan yang harus dituruti Parjo. Disamping takut dengan ancaman Surti, dia juga pernah mendengar bahwa seseorang yang menikah dengan perempuan yang sedang hamil maka jika anak yang lahir berjenis kelamin perempuan, kelak jika anaknya menikah dia tidak berhak menjadi walinya. Meski dia adalah ayah biologisnya.

Duh, sedih hati Parjo. Dia yang minim ilmu agama berharap penjelasan dari Abah Legimin sang penghulu Gurusiana. Tentang apa yang dia lakukan bersama istrinya menikah lagi, benar atau tidak?

Rumahku, 11 Februari 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Marahi pingin, bun! Tapi modal dah abis!

11 Feb
Balas

He..he Pak Tanto pengin juga ya?

13 Feb

Kita tunggu penjelasan Pak Legimin Syukri ya Bunda, agar Surti dan Parjo lega. Sehat selalu Bunda Dyahni. Barakallah

11 Feb
Balas

Iya Bunda masih menunggu penjelasan Abah Legimin. Barakallah Bunda Lupi.

13 Feb

Wow, pertanyaan jadi tulisan, demikian pun dengan jawaban. Sukses selalu dan barakallah

11 Feb
Balas

Terima kasih Bunda Pipi. Barakallah

13 Feb

Monggo Bapak Legimin ditunggu jawabannya...

11 Feb
Balas

Masih menunggu jawaban dari Abah.

13 Feb

Insyaallah akan Abah jawab kesedihan hati Parjo. Barikillah, Bu Dyahni.

11 Feb
Balas

Ditunggu jawabannya Abah. Barakallah

13 Feb

Emanspasi, kesetaraan gender. Ha...ha, dunia sudah edan..

11 Feb
Balas

Dunia terbalik Bapak he ...he

13 Feb

Pengin jadi pengantin baru lagi..... Sala sukses

11 Feb
Balas

He..he ternyata Pak Mar pengin nikah lagi juga.

13 Feb

Apa yang diniatkan dan dilakukan atas nama Allah akan memberikan keberkahan...mantap Surti... Hihhi

18 Feb
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali