Dyahni Mastutisari

Lulusan FKIP UNS Solo Jurusan Pendidikan Matematika. Sekarang bertugas di MTs Muhammadiyah Patikraja Kabupaten Banyumas...

Selengkapnya
Navigasi Web

Bersama yang Mengenyangkan

Sudah menjadi kewajiban emak-emak yang mempunyai anak usia sekolah di pagi hari, adalah memberikan uang saku. Ya, uang yang digunakan untuk bayar angkot berangkat dan pulang sekolah serta uang untuk jajan.

Jajan adalah aktivitas yang selalu ditunggu para siswa. Pertanyaan "Bu, istirahat?" menjadi simponi merdu untuk guru. Menandakan bahwa peserta didik sudah sangat ingin mengendorkan otot dan otak. Terlepas sejenak dari buku paket dan buku tulis.

Meluapkan kebebasan dengan bermain bersama teman-teman. Yang pasti tidak mereka lewatkan adalah mengisi perut. Sarapan yang teramat pagi membuat mereka sudah lapar kembali. Membeli makanan di kantin, koperasi atau bahkan para penjual keliling yang membawa gerobak adalah hal yang wajib mereka lakukan. Supaya cacing di perut tidak berbunyi.

Membeli jajan sesuai selera mereka. Tanpa memperhatikan efek bagi kesehatan tubuh. Saus dan bumbu pedas instan menjadi idola. Merah merona dari pewarna makanan tak diperhatikan. Pemanis buatan tak dihiraukan. Apalagi micin, penyedap makanan yang membuat jajanan menjadi gurih dan terasa enak di lidah, sama sekali tidak mereka khawatirkan. Yang penting bagi mereka adalah enak, gurih dan nikmat.

Melihat fenomena seperti itu, guru-guru MTs Muhammadiyah Patikraja sepakat untuk meluncurkan program baru yaitu

"Eating Together Day". Hari makan bersama, program yang dilaksanakan setiap hari jum'at.

Program yang mewajibkan para siswa untuk tidak jajan di sekolah tapi membawa bekal sendiri dari rumah. Bekal yang disiapkan oleh orang tua mereka. Tidak boleh meninggalkan sampah baik itu sampah organik maupun anorganik.

Program yang tayang perdana hari jum'at tanggal 4 Oktober 2019. Program yang membuat guru senang dan trenyuh. Senang melihat mereka makan bersama. Tidak berseliweran kesana kemari. Duduk manis di meja masing masing menyantap hidangan yang jelas sehat untuk tubuh mereka. Kekraban semakin terasa. Duh bikin gurunya mewek.

Bismillah semoga program ini dapat berjalan lancar. Dukungan dari berbagai pihak sangat diharapkan. Karena kesehatan mahal harganya. Karena kebersihan menjadi tanggung jawab bersama.

Patikraja, 4 Oktober 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Masya Allah, program bagus bangat nih. Nikmat, hemat, akrab dan terjamin. Sukses selalu dan barakallahu fiik

05 Oct
Balas



search

New Post